Contoh Laporan Magang Mahasiswa yang Baik dan Benar – Membuat laporan magang adalah hal yang wajib kamu lakukan apabila sudah selesai menjalankan proses magang. Tidak semua jurusan atau program studi menerapkan format laporan sama untuk mahasiswa magang, sehingga kamu perlu mencari tahu format yang sudah ditetapkan agar bisa menyesuaikan data yang diperlukan dengan kelengkapan laporan.

Berikut ini terdapat beberapa referensi yang bisa kamu gunakan untuk membuat laporan magang mahasiswa dengan baik dan benar.

  • Laporan Magang Mahasiswa Manajemen Rumah Sakit

Format laporan magang mahasiswa jurusan manajemen rumah sakit perlu disesuaikan dengan tempat praktik. Format laporan magang mahasiswa manajemen rumah sakit tidak berbeda dengan laporan lainnya. Hal yang perlu kamu cantumkan ketika membuat laporan magang mahasiswa manajemen rumah sakit adalah:

BAB I: Gambaran singkat mengenai institusi (Rumah Sakit) yang menjadi lokasi tempat magang. Bahaslah mengenai data rumah sakit, seperti alamat, tahun berdiri, hingga sejarah rumah sakit tersebut.

Deskripsi lingkungan di sekitar lokasi rumah sakit dengan menambahkan batas wilayah lain dan sebagainya.

Gambaran singkat mengenai institusi

Visi dan misi rumah sakit

Informasi ruang lingkup program dan kegiatan yang terdapat di rumah sakit

Jasa dan produk yang dihasilkan oleh rumah sakit

Sasaran rumah sakit

Gambaran khusus: Kegiatan unit kerja (pemeliharaan preventif, kesehatan lingkungan, program kesehatan kerja, unit kerja rumah sakit, alur kerja, proses produksi, gizi

BAB II: Identifikasi masalah

Metode Identifikasi

Tabel identifikasi masalah

BAB III: Rencana pemecahan masalah

BAB IV: Laporan Kegiatan Intervensi

Pelaksanaan Kegiatan Intervensi

Kendala-Kendala Kegiatan Intervensi

BAB V: Laporan Kegiatan Lain, Solusi, dan Saran

  • Laporan Magang Mahasiswa Ekonomi Syariah

BAB I : Pendahuluan

Latar Belakang

Tujuan Magang

Manfaat Magang

Jadwal dan Jenis Kegiatan

BAB II: Deskripsi Lokasi Magang

Sejarah Berdiri Bank

Jenis Usaha Bank

Struktur Organisasi Bank

BAB III: Hasil Magang

Nama Bagan Tempat Magang

Kegiatan yang Dilakukan

Rekan Kerja

BAB IV: Penutup

Kesimpulan

Saran

  • Laporan Magang Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

BAB I: Pendahuluan

Latar Belakang

Tujuan kegiatan magang

Manfaat kegiatan magang

Rencana magang

BAB II: Gambaran Umum

Sejarah didirikannya lembaga

Tugas dan kedudukan lembaga

BAB III: Laporan Kegiatan Magang

BAB IV: Penutup

Kesimpulan

Saran

  • Laporan Magang Mahasiswa Manajemen

BAB I: Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Tujuan Magang

Manfaat Magang

BAB II: Deskripsi Umum Instansi

Sejarah Instansi

Dasar Hukum Pembentukan

Visi dan Misi

Kewenangan

Struktur Organisasi

BAB III: Aktivitas Magang

Jadwal Lampiran Kegiatan

BAB IV: Penutup

Kesimpulan

Saran

Kapan sebaiknya membuat laporan magang?

Biasanya, laporan magang memiliki deadline yang tidak terlalu jauh dengan masa berakhir magang, sehingga kamu perlu membuat draft laporan sejak jauh-jauh hari atau ketika proses magang masih berlangsung.

Cobalah untuk mencari tahu format laporan magang mahasiswa kemudian menyusun poin-poin utama yang terdapat di laporan magang, misalnya saja profil perusahaan atau tempat kamu magang, susunan pengurus di tempat kerja, dan daftar pekerjaan yang harus kamu lakukan ketika berada di lokasi magang.

Pastikan bahwa laporan magang yang kamu buat memang sudah dikonsultasikan pada pihak kampus dan sudah kamu pastikan formatnya. Laporan magang bisa kamu kerjakan apabila di sela kegiatan magang kamu sudah tidak melakukan apapun.

Daripada tidur-tiduran atau bermain handphone, sebaiknya kamu menggunakan waktu berharga tersebut untuk mengerjakan laporan meskipun belum semuanya.

Jadi, ketika kegiatan magangmu selesai, pekerjaan tidak akan terasa sangat berat karena bagian yang sulit sudah kamu kerjakan di awal.

Jika kamu memiliki kakak tingkat yang memilih lokasi magang sama, kamu juga bisa berkonsultasi padanya. Namun, jangan sekali-sekali mencontoh laporan tersebut sama persis karena kamu akan dicap tidak profesional.

Jadikanlah laporan kakak tingkat tersebut sebagai referensi agar kamu bisa membuat laporan magang yang lebih baik lagi.

Hal yang harus ada dalam laporan magang mahasiswa

Ketika membuat laporan magang, kamu tidak bisa membuat laporan seperti bercerita pada teman-temanmu. Terdapat format baku atau format laporan magang mahasiswa yang sudah ditentukan oleh pihak kampus.

Meskipun pada penerapannya banyak penjabaran dari format tersebut, sebenarnya secara umum laporan magang mahasiswa memiliki format tetap yang tidak bisa diubah-ubah. Beberapa poin penting yang harus ada dalam pembuatan laporan magang mahasiswa diantaranya:

  • Cover: bagian cover depan laporan magang harus memuat identitasmu secara lengkap. Sebaiknya kamu cermat dalam membuat bagian cover karena banyak mahasiswa yang salah ketik nama, NIM, maupun nama instansi. Perhatikan pula cara penggunaan huruf kapital dan tanda baca.
  • Daftar isi: buatlah bagian daftar isi dengan rapi serta sesuai dengan konten yang kamu tulis. Biasanya banyak mahasiswa yang malas mengganti nomor halaman ketika laporan magangnya mendapatkan revisi. Hal tersebut tentu akan sangat fatal apabila laporan magangmu diperiksa oleh pembimbing, bahkan ketika sudah diserahkan pada pihak tempat magang.
  • Konten laporan: sesuaikan isi laporan magang dengan jurusan yang kamu ambil. Lengkapi data yang kamu dapatkan dengan grafik, gambar, atau ilustrasi lainnya.
  • Lampiran laporan: adanya lampiran laporan biasanya akan ditanyakan ketika proses pembuatan laporan. Ketika kamu membahas data pada bagian isi, maka kamu perlu melampirkan perhitungan yang detail pada bagian lampiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *