Tujuan dan Manfaat Magang / PKL – Magang adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh pelajar. Biasanya, magang diatur oleh kampus sebagai bagian dari persyaratan kelulusan, sehingga pelajar yang mengambil bagian dalam magang sudah bisa mendapatkan gelar atau memenuhi syarat untuk lulus.

Namun, tidak jarang bagi pelajar untuk menemukan lokasi magang yang sesuai karena kampus tidak memberikan informasi atau link yang terkait dengan magang.

Mungkin di antara kamu ada yang masih bertanya-tanya, apa tujuan dan manfaat magang / PKL? Mengapa pelajar atau lulusan SMA perlu magang dan tidak langsung bekerja?

Tujuan Magang untuk Pelajar

Magang biasanya diadakan oleh institusi seperti Universitas atau sekolah. Magang akan dilakukan oleh pelajar sesuai dengan latar belakang studi atau latar belakang mereka, sehingga pelajar akan lebih siap ketika diminta untuk langsung ke lapangan.

Untuk menghasilkan pelajar yang kompeten di bidangnya, tentu tidak hanya teori yang dibutuhkan tetapi juga praktik langsung di lapangan.

Berikut ini adalah deskripsi tujuan magang yang akan dilakukan oleh pelajar, termasuk:

  • Tambahkan wawasan pelajar

Kegiatan belajar di dalam ruangan tentu tidak akan optimal jika pelajar tidak mengembangkannya dengan praktik lapangan. Jika kamu pernah mendapatkan banyak teori ketika kamu kuliah, maka kamu perlu mencoba hal-hal baru, seperti mengambil kegiatan ekstra untuk menambah wawasan.

  • Membina hubungan baik antara kampus dan penyedia peluang kerja

Magang tidak hanya memiliki dampak positif pada pelajar. Pelajar dapat memperoleh pengalaman serta sertifikat sebagai bukti berpartisipasi dalam proses magang dan memenuhi kualifikasi yang ditentukan.

Di sisi lain, mereka yang memberikan kesempatan magang dapat memperoleh manfaat karena kerja keras dapat diatasi dengan inovasi peserta magang.

Kegiatan magang juga memiliki tujuan untuk membuat pelajar terlatih dalam menangani dan mengatasi masalah yang mungkin timbul ketika berhadapan langsung di dunia kerja.

  • Tingkatkan kualitas pelajar

Adanya masalah nyata yang dihadapi oleh pelajar ketika di lokasi magang adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelajar. Dengan demikian, pelajar akan dilatih untuk menangani masalah secara kontekstual. Dengan demikian, solusi masalah dapat segera diperoleh dengan menerapkan teori dan sains.

Manfaat Magang bagi pelajar

  • Memaksimalkan potensi pelajar

Kegiatan pelajar tidak hanya terbatas pada kelas. Teori yang tidak didukung oleh praktik memadahi tentu tidak akan membuat pelajar siap ketika mereka harus memasuki dunia kerja.

Oleh karena itu, kamu dapat mengambil bagian dalam berbagai kegiatan pengembangan di luar kelas sehingga mereka dapat lebih berkembang. Potensi pelajar dapat dimaksimalkan dengan adanya program magang karena secara tidak langsung pelajar telah dilatih untuk bekerja. Jika pelajar telah mempelajari berbagai teori saat kuliah, maka pengetahuan itu bisa langsung diterapkan saat terjun di lapangan.

  • Membangun hubungan baik dengan lembaga pelaksana

Keberadaan program magang tidak hanya memiliki manfaat mengembangkan kemampuan pelajar saja. Institusi yang memberikan peluang magang akan mendapat manfaat. Selain bisa mendapatkan pelajar yang kompeten, tentu saja magang dapat dibantu. Manfaat magang untuk fakultas dalam bentuk kerja sama dengan pihak terkait juga dapat dicapai.

  • Pelajar dapat langsung mendapatkan pekerjaan

Kegiatan magang dapat menjadi salah satu batu loncatan bagi kamu yang tertarik untuk mengejar pekerjaan, tetapi masih bingung dengan mekanisme dan seluk beluk. Melalui magang, kamu benar-benar dapat melatih diri untuk bekerja secara optimal, terutama jika lokasi tempat kerja linier dengan departemen kamu . Tidak ada yang salah untuk totalitas dalam melakukan aktivitas saat berada di lokasi magang. Biasanya, agen yang menyediakan kesempatan magang akan mempertimbangkan peserta magang sebagai karyawan tetap.

Peluang rekrutmen melalui magang ini tidak boleh disia-siakan. Karena itu, sebisa mungkin kamu perlu mengetahui detail pekerjaan, masalah yang sering dihadapi, dan bagaimana cara mengatasinya. Semakin awal kamu mengetahui perincian masalah, maka kamu juga bisa belajar memecahkan masalah tersebut lebih awal.

  • Pelajar dapat memperoleh penghasilan tambahan

Salah satu hal yang membuat pelajar tertarik pada magang adalah uang saku tambahan yang bisa diperoleh. Meski tidak semua peluang magang menawarkan gaji atau upah, tetapi penghasilan yang akan kamu dapatkan dari magang tentu bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih lokasi. Jangan membayangkan bahwa penghasilan yang kamu peroleh dari magang akan sebesar pendapatan karyawan tetap di sana. Mungkin kamu bisa mendapatkan seperempat atau bahkan setengah dari pendapatan karyawan. Tetapi jangan berkecil hati karena pengetahuan yang kamu dapatkan ketika kamu magang akan sangat berkontribusi bagi masa depan kamu . Kamu juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti pengalaman kerja langsung di tempat tersebut.

Tujuan magang secara umum dan manfaat magang secara khusus dapat kamu raih jika kamu melakukan semua kegiatan magang secara maksimal.

Magang juga bisa disebut PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Maksud dan tujuan PKL akan dijelaskan di awal proses implementasi, sehingga kamu sebagai peserta magang dapat mengetahui pentingnya berpartisipasi dalam magang. Biasanya, magang juga berlaku untuk pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang hampir lulus atau di kelas 11.

Manfaat PKL bagi pelajar SMK/SMA sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manfaat magang bagi mahasiswa. Tujuan magang kejuruan meliputi:

Latih pelajar kejuruan untuk mengalami pengalaman langsung di dunia kerja. Ini karena kurikulum yang diterapkan pada pelajar SMK memang berbeda dengan kurikulum pelajar SMA. Oleh karena itu, pelajar kejuruan yang jurusannya telah ditentukan sejak awal perlu dipersiapkan untuk dapat langsung masuk ke dunia kerja.
Membina hubungan antara sekolah dan agen magang. Bentuk kerja sama antara sekolah dan magang kerja sangat penting untuk dibangun. Diharapkan juga setelah pelajar sekolah kejuruan lulus, pelajar akan dapat dengan kondisi tempat kerja, sehingga mereka tidak akan mengalami depresi.

Demikianlah definisi magang kerja atau PKL yang perlu kamu ketahui sebelum menjalani aktivitas ini. Sebagai tip, jangan lupa mencari tahu kondisi lokasi magang. Kamu tidak perlu menjadi sempurna pada hari pertama magang karena semuanya tidak dapat dipelajari sekaligus. Sebagai gantinya, kamu perlu belajar mengamati suasana kerja dan kondisi rekan kerja, jenis pekerjaan yang perlu dilakukan, dan hal-hal yang harus dihindari.

Coba juga berkenalan dengan rekan kerja yang ada di sana untuk bisa menyesuaikan dengan kondisinya.